Powered by Blogger.

tips menjaga rumah dari musim hujan

tips menjaga rumah dari musim hujan - designhousemix.blogspot.com
morning sobat DHM saya ingin share tips menjaga rumah dari musim hujan  , akhir tahun ini merupakan musimnya hujan untuk wilayah indonesia .sudahkah anda siap?hujan datang masalah seperti bocor,banjir,saluran mampet,cat mengelupas dll merupakan penyakit yang sudah dari jaman dulu.ini ada beberapa tips kecil dalam menghadapi musim hujan.

ATAP RUMAH
okeh sobat DHM atap rumah merupakan oranamen yang paling pertama terkena hujan,untuk itu sobat .periksalah setahun 3 kali kenapa? karena setengah tahun sekali musim hujan.pertama cek pas musim kemarau,kedua sebelum awal musim hujan dan ketiga memastikan setelah musim hujan.meski melelahkan tapi ini paling murah di banding mendapat kebocoran cat mengelupas atap jebol dari rembesan.okeh pertama lihatlah sambungan atap periksa retakan lanjut ke jurai atap pastikan benar benar baik,kemudian talang ini sangat vital karena sumber rembesan dari talang yang mampet pastikan baik periksa dari retakan dan karat .lalu genting periksa genting yang retak ataupun tergeser dari posisinya.

ETERNIT/LANGIT-LANGIT RUMAH
periksa apakah ada rembesan ditandai dengan warna yang memudar atau terasa basah,ganti yang baru bila menemukan yang retak.

PINTU dan JENDELA
pergeseran perut bumi mengakibatkan tekstur tanah bergelombang ini mengakibatkan jendela dan pintu berubah posisinya.bisa menyebabkan macet atau pun retak dan kerusakan lainnya.periksa satu persatu pastikan dalam kondisi sempurna ,termasuk kondisi kaca yang melengkapi jendela maupun pintu.

LANTAI LEBIH RENDAH
perhatikan bagian ini karena jadi sumber malapetaka,disini peranan karung isi pasir bila sewaktu waktu banjir datang.usahakan membuat batasan permanen dari semen untuk lantai yang lebih rendah.

KARUNG PASIR
fungsi dan peranannya sudah di bahas di atas,meski jarang di pakai tapi efektif untuk gempuran banjir bandang.

SALURAN AIR
saluran air harus 2 hari sekali di cek kenapa?karena ini sumber penyakit baik nyamuk bau yang tak sedap maupun hujan lebat .bila saluran air mampet air dari hujan tidak bisa di tampung saluran air yang penuh sampah.


okeh sobat sebetulnya masih banyak lagi tips tapi itu sebagian yang penting dan di utamakan dalam menghadapi musim hujan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment